Monday, 11 November 2018

Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (PEKERTI)

Pendahuluan

Dampak positif dari pelaksanaan otonomi daerah salah satunya adalah semakin berkembangnya dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Hampir semua propinsi maupun kabupaten kota saat ini sudah memiliki institusi pendidikan tinggi, baik dalam bentuk universitas, sekolah tinggi maupun akademi. Fenomena ini tentunya sangat menggembirakan karena pendidikan tinggi akan lebih mudah dijangkau oleh masyarakat terutama di lokasi-lokasi perguruan tinggi di manapun. Dengan demikian program pemerataan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang merupakan tugas utama dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat lebih mudah terealisasikan.

Ditlitabmas Ditjen Dikti telah melaksanakan berbagai program pembinaan penelitian untuk meningkatkan kualitas dosen khususnya bidang penelitian. Hasilnya dapat dilihat dengan telah berkembangnya pusat-pusat penelitian maupun kelompok-kelompok peneliti unggulan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kelompok peneliti, laboratorium, dan pusat penelitian tersebut telah memiliki kemampuan dan suasana akademik yang kondusif untuk pengembangan dan pelaksanaan penelitian secara baik. Namun demikian, perkembangan yang dicapai belum merata untuk setiap perguruan tinggi. Oleh karena itu, kerjasama penelitian antar perguruan tinggi di Indonesia masih perlu didorong dan ditingkatkan sehingga sinergi pelaksanaan penelitian dapat lebih optimal.

Tujuan

Tujuan Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi adalah:

  1. untuk memberikan wadah bagi dosen/kelompok peneliti yang relatif baru berkembang dalam kemampuan menelitinya agar dapat memanfaatkan sarana dan keahlian, serta mengadopsi dan mencontoh budaya penelitian yang baik dari kelompok peneliti yang lebih maju di perguruan tinggi lain dalam melaksanakan penelitian yang bermutu; dan
  2. untuk membangun kerjasama penelitian antarperguruan tinggi di Indonesia.

Leave a Reply