Wednesday, 12 December 2018

TUPOKSI

TUGAS POKOK SATUAN PENGAWAS INTERNAL

  1. Menjaga komitmen pimpinan terhadap pelaksanaan program di unit-unit kerja;
  2. Memonitor pelaksanaan program kegiatan sesuai dengan prosedur operasional dan internal manajemen yang telah digariskan, meliputi: Pelaksanaan pengembangan staf, pembelian peralatan dan material sesuai dengan yang tercantum dalam rencana pelaksanaan program;
  3. Memonitor dan mengevaluasi keterlibatan aktif staf pengajar dan staf administrasi dalam program kegiatan yagn telah digariskan;
  4. Memonitor dan mengevaluasi peran serta mahasiswa dalam program kegaiatan serta tingkat kepuasan dari mahasiswa;
  5. Mengevaluasi hasil-hasil kegiatan pelaksanaan program Satuan Pengawas Internal; dan
  6. Mengevaluasi laporan dan rekaman pelaksanaan program.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI UMUM

  1. Menjaga komitmen pimpinan terhadap pelaksanaan program di unit-unit kerja
  2. Memonitor pelaksanaan program kegiatan sesuai dengan prosedur operasional dan internal manajemen yang telah digariskan, meliputi: Pelaksanaan pengembangan staf, pembelian peralatan dan material sesuai dengan yang tercantum dalam rencana pelaksanaan program
  3. Memonitor dan mengevaluasi keterlibatan aktif staf pengajar dan staf administrasi dalam program kegiatan yang telah digariskan
  4. Memonitor dan mengevaluasi peran serta mahasiswa dalam program kegiatan serta tingkat kepuasan dari mahasiswa
  5. Mengevaluasi hasil-hasil kegiatan pelaksanaan program
  6. Melaksanakan misi khusus Universitas Pasundan
  7. Mengevaluasi laporan dan rekaman pelaksanaan program
  8. Bertanggung Jawab kepada pimpinan di atasnya.

KETUA

  1. Berkoordinasi dengan unit kerja lain  untuk  implementasi Sistem  Satuan Pengawas Internal Universitas Pasundan,
  2. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan SPI  Unpas
  3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas SPI  Unpas dan melaporkannya kepada pimpinan.

SEKRETARIS

  1. Membantu Ketua SPI sebagai Management Representative dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai activity process berikut anggarannya.
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat menyurat yang berkaitan dengan SPI Unpas  dan mengarsipkannya.
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan
  4. management  review rapat rutin, rapat  koordinasi dan rapat evaluasi   kegiatan.
  5. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan hasil audit  internal SPI.
  6. Bertanggung jawab atas penyusunan konsep laporan kegiatan rutin dan insidental di SPI Unpas
  7. Bertanggung jawab kepada Ketua

AUDITOR

AUDITOR : adalah personal yang memenuhi syarat dan ditunjuk melalui SK Rektor untuk berperan sebagai auditor internal UNPAS. Rincian tugasnya adalah sebagai berikut

  1. Melaksanakan audit capaian sasaran mutu yang dicanangkan terhadap unit kerja  tertentu untuk sasaran mutu tertentu pada waktu tertentu menggunakan alat  tertentu  sebagaimana tercantum dalam  surat tugas yang diberikan padanya oleh Rektor melalui SPI
    • Tujuan audit adalah memastikan bahwa informasi capaian sasaran mutu yang dilaporkan oleh unit kerja sesuai dengan kenyataan dilapangan
    • Alat audit adalah formulir baik manual/berbasis TIK yang dibuat oleh SPM/SPI yang digunakan untuk mengecek kondisi real di unit kerja untuk kemudian nantinya dibandingkan dengan laporan capaian sasaran mutu oleh unit kerja terkait.
  2. Melaporkan hasil Audit kepada SPI
  3. Menjaga integritas diri dan validitas informasi terhadap realitas yang diamati

 GKM

  1. Mengikuti kegiatan koordinasi dengan SPM/SPI
  2. Mengkoordinasi kegiatan pengendalian mutu dengan UPM yang berada dibawah kendalinya
  3. Bekerja sama dengan pimpinan fakultas menyusun SOP + alat monev yang berlaku untuk lingkup fakultas dan Prodi yang ada didalam fakultas tersebut.
  4. Bekerja sama dengan pimpinan fakultas mengumpulkan informasi capaian sasaran mutu yang harus dicapai oleh fakultas dan UPM dibawahnya
  5. Memberikan evaluasi capaian mutu Fakultas , UPM-Prodi, dan UPM lain  di dalam fakultas tersebut dalam bentuk tertulis dan disampaikan di dalam rapat resmi dengan  pihak terkait di fakultas setiap 3 bulan sekali
  6. Melaporkan capaian sasaran mutu dan evaluasi yang dilakukan terhadap Fakultas yang menjadi tugas pengendaliannya kepada SPI setiap semester

UPM

  1. Mengikuti kegiatan koordinasi dengan GKM maupun SPM/SPI
  2. Mensosialisasikan sasaran mutu yang dicanangkan untuk dicapai pada tahun ajaran tersebut kepada civitas akademika di Prodi
  3. Merencanakan aksi untuk mencapai sasaran mutu
  4. Mengumpulkan informasi  capaian sasaran mutu Prodi  dan melakukan aksi yang diperlukan agar Prodi yang dipimpin mencapai sasaran mutu
  5. Melaporkan capaian sasaran mutu Prodi berikut lampiran yang diminta kepada GKM setiap 3 bulan semester ditembuskan kepada pimpinan fakultas

Leave a Reply